Senin, 2 Mei 2016 Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan Upacara Hari Pendidikan Nasional 2016. Acara yang berlangsung di Lapangan depan Gedung A2 UM.

Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hadjar Dewantara, pahlawan Nasional yang dihormati sebagai bapak pendidikan nasional di Indonesia. Mengingat perjalanan emas sosok Ki Hadjar Dewantara yang lahir dari keluarga kaya Indonesia selama era kolonialisme Belanda, ia dikenal karena berani menentang kebijakan pendidikan pemerintah Hindia Belanda pada masa itu, yang hanya memperbolehkan anak-anak kelahiran Belanda atau orang kaya yang bisa mengenyam bangku pendidikan. Kritiknya terhadap kebijakan pemerintah kolonial menyebabkan ia diasingkan ke Belanda, dan ia kemudian mendirikan sebuah lembaga pendidikan setelah kembali ke Indonesia. Ki Hadjar Dewantara diangkat sebagai menteri pendidikan setelah kemerdekaan Indonesia. Ia wafat pada tanggal 26 April 1959. Untuk menghormati jasa-jasanya terhadap dunia pendidikan Indonesia, pemerintah Indonesia menetapkan tanggal kelahirannya sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Memperingati Hari Pendidikan Nasional, seluruh dosen dan tenaga kependidikan departemen Teknik Mesin ikut serta menyelenggarakan upacara bersama dengan seluruh warga Universitas Negeri Malang di Lapangan depan Gedung A2 UM. Upacara yang berlangsung sangat khidmat tersebut seakan menunjukkan tingginya antusias warga UM dalam menyongsong pendidikan Indonesia yang lebih baik. ‘

*aNd

id_ID