Kuliah Tamu bersama Mahasiswa Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) Malaysia

1Prodi S1 Teknik Mesin pada tanggal 27 dan 28 Agustus 2018 berkesempatan melaksanakan kuliah tamu bersama dengan Mahasiswa dari Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) Malaysia. Kegiatan kuliah tamu tersebut merupakan wujud MoU yang dijalin oleh UTP dengan UM yang berkoordinasi dengan Hubungan Internasional (HI) Fakultas Teknik dan Jurusan Teknik Mesin. Dengan adanya MoU tersebut, maka pada tahun 2018 Universitas Negeri Malang berkesempatan menjadi tuan rumah dari pelaksanaan Mata Pelajaran Umum 4 (MPU4) dari para Mahasiswa Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) Malaysia.

MPU4 tersebut merupakan salah satu mata pelajaran luar kampus dimana para mahasiswa UTP diwajibkan menjalani aktivitas kelompok sosial dan proyek pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan MPU4 sendiri terbagi menjadi kegiatan akademik yang direncanakan dalam bentuk kuliah tamu yang dilaksanakan besama dengan mahasiswa S1 Teknik Mesin dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di desa Lanlang, Singosar-Malang.

2

3

 

4

Kegiatan kuliah tamu dilaksanakan di aula gedung H5 Fakultas Teknik dengan menghadirkan narasumber dari para dosen pengajar yang terbagi menjadi 4 topik dan dilaksanakan selama 2 hari. Pada hari pertama tanggal 27 Agustus 2018, topik yang dibahas adalah “Engineering Optimization” yang disampaikan oleh Bapak Suprayitno, Ph.D dan topik kedua adalah “Nanocomposite”  yang disampaikan oleh Bapak Dr. Heru Suryanto. Pada akhir acara, dilakukan sesi tanya jawab dari para mahasiswa Teknik Mesin UM dan UTP. Acara hari pertama ditutup dengan pengambilan gambar bersama antara seluruh peserta dengan dosen.

Pada hari kedua tanggal 28 Agustus 2018, topik yang dibahas adalah “ Basic Mechanics of Material”  yang disampaikan oleh Bapak Redyarsa Dharma Bintara dan topik kedua adalah “Application Mechanics of Material”  yang disampaikan oleh Bapak Dr. Setyamartana Parman. Acara dikemas dalam bentuk diskusi kelompok dan diakhiri dengan penyampaian hasil diskusi.

 

5

6

 

7

8