S1 Pendidikan Teknik Mesin

Visi

Terwujudnya Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin sebagai pusat keunggulan dan rujukan dalam penyelenggaraan pendidikan tenaga kependidikan dan pengembangan serta penerapan ilmu dan teknologi kependidikan teknik mesin.

Misi

Misi Program Studi S1 PTM (PSPTM) adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tenaga kependidikan kejuruan teknik mesin yang unggul.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan kejuruan teknik mesin.
  3. Memberikan bantuan kepada masyarakat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan kejuruan teknik mesin serta peningkatan kesejahteraan pada umumnya.
  4. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas dan kinerja program studi.
  5. Memberdayakan alumni dalam rangka peningkatan peran dan citra program studi.
  6. Membangun organisasi program studi yang sehat berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, akreditasi, dan evaluasi diri secara berkesinambungan.

Tujuan

Tujuan Program Studi S1 PTM (PSPTM) adalah:

  1. Menghasilkan lulusan sarjana (S1) yang unggul dalam bidang pendidikan teknik mesin dengan bidang spesialisasi keahlian pendidikan teknik mesin produksi yang memiliki kompetensi dan kewenangan sebagai guru pemula pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang relevan dan/atau sebagai instruktur pada lembaga pelatihan kejuruan teknik mesin lainnya.
  2. Menghasilkan temuan penelitian dan pengembangan ilmu dan teknologi di bidang pendidikan kejuruan teknik mesin.
  3. Memberikan bantuan kepada SMK dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikannya, dan masyarakat pada umumnya dalam rangka peningkatan kesejahteraan.
  4. Menyelenggarakan kerjasama dengan berbagai pihak dalam rangka pengembangan dan melaksanakan pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan peran dan citra program studi melalui pembuatan data-base dan pemberdayaan alumni.
  6. Menyelenggarakan manajemen program studi berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, akreditasi, dan evaluasi diri secara berkesinambungan.