Profil Jurusan Mesin

Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang, tumbuh dan ber­kembang seiring dengan perkembangan Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG) Malang menjadi Universitas Negeri Malang (UM). Sejarah singkat per­kembangan Jurusan Teknik Mesin FT UM adalah sebagai berikut.

  1. Pada tanggal 1 Maret 1965 di FKIE IKIP MALANG dibuka Jurusan Ilmu Teknik. Jurus­an inilah yang menjadi cikal-bakal berdirinya FT UM sekarang ini. Dalam perkembangan selanjutnya, ber­dasarkan Surat Keputusan Menteri  PTIP  Nomor 137 Tahun 1965, ditetetapkan berdirinya Fakul­tas Keguruan Teknik (FKT) di lingkungan IKIP MALANG  mulai tanggal 1 September 1965 yang me­miliki dua jurusan, yaitu Jurusan Mesin dan Jurusan Sipil dengan sistem penjenjangan program pendidikan yang berlaku adalah Jenjang Sarjana Muda dengan gelar Bachelor of Arts (BA) saja. Di samping itu, SK Menteri PTIP tersebut juga menegaskan tentang  pemisahan Jurusan Mesin dan Jurusan  Sipil  dari FKIE IKIP MALANG.
  2. Pada tahun 1975, istilah jurusan di IKIP MALANG diganti dengan departemen maka FKT IKIP MALANG mengelola dua departemen, yaitu Departemen Mesin dan Departemen Sipil.
  3. Pada tahun 1979 sistem penjenjangan Sarjana Muda dan Sarjana dihapus, diganti dengan Strata-0 (S0) dan Strata-1 (S1). Di samping itu istilah departemen diganti lagi menjadi jurusan, sehingga di FKT IKIP MALANG terdapat Jurusan Mesin dan Jurusan Sipil. Berdasarkan kebijakan pemerintah dalam pengadaan guru SLTP dan SLTA, maka FKT IKIP MALANG di sam­ping mencetak Sarjana (S1) juga mendapat­kan tugas untuk mencetak guru keterampilan teknik pada SLTP dan SLTA melalui Program S0-1, S0-2 (untuk SLTP), dan S0-3 (untuk SLTA).
  4. Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 1981, yang pada dasarnya merupakan  penataan  kembali Fakultas  di lingkungan Universitas dan Institut, maka nama  Fakultas Keguru­an Teknik (FKT) diganti menjadi Fakultas Pendidikan Tekno­logi dan Kejuruan (FPTK). FPTK memiliki dua jurusan, salah satunya  Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.
  5. Berdasarkan Keputusan Dirjen Dikti Nomor 241/DIKTI/Kep/1997 tanggal 15 Agustus 1997 FPTK IKIP MALANG mendapat perluasan mandat untuk me­nye­lenggarakan pendidikan yang menghasil­kan lulusan Non-Kependidikan Jenjang Diploma III (D3) untuk Program Studi Teknik Mesin.

Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 1999 tanggal 4 Agustus 1999, IKIP MALANG berganti nama menjadi Universitas Negeri Malang (UM). FPTK diganti nama menjadi Fakultas Teknik (FT) salah satunya adalah jurusan Teknik Mesin (TM).