Pilih Laman

Dimusim kemarau ditengah sulitnya mencari pakan ternak sapi dan kambing Tim satgas Universitas Negeri Malang (UM) memberikan hibah berupa teknologi Tepat Guna (TTG) mesin pencacah rumput hijauan (Choper) dan sekaligus memberikan pelatihan pemanfaatan Choper kepada peternak sapi dan kambing yang tergabung pada kelompok Tani “Loh-Jinawi” Desa Sambigede Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang.

PELATIHAN: Peserta sedang Mencoba Penggunaan Mesin Pencacah Rumput

Pelatihan diikuti oleh 25 anggota kelompok tani “LOH-Jinawi” pada tanggal 14-15 Juli 2023 berlangsung di Balai Desa Sambigede yang dipantau langsung oleh Ketua kelompok Tani dan Kepala Desa Sambigede. Ketua Tim Satgas Dr. Yoto, S.T., M.Pd dari Departemen Teknik Mesin dan Industri Universitas Negeri Malang (UM) menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah merupakan salah satu bentuk perwujudan Tri Darma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada Masyarakat. Mesin Pencacah pakan ternak ini mampu mencacah/merajang pakan hijauan seperti: batang dan daun rumput gajah, batang dan daun jagung, ujung hijauan tebu, pelepah daun pisang, dan rumput hijauan lainnya.  Mesin ini mampu mencacah/merajang dengan sempurna dengan kemampuan (75-100) kg/jam. Kehadiran mesin ini sangat membantu para peternak sapi dan kambing untuk meningkatkan efisiensi waktu, tenaga, dan biaya dalam pengadaan pakan ternak.

Tim Satgas pengabdian beranggotakan  Marsono, Ph.D; Agus Suyetno, S.Pd., M.Pd; dan Puteri Ardista N.M., S.Pd., M.Pd. turut disambut oleh kepala Desa Sambigede dan jajarannya. Dalam pembukaan pelatihan tersebut Kepala Desa sambigede memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Tim Satgas pengabdian dari UM, dan meminta agar kegiatan sejenis terus berlanjut pada masa yang akan datang.

FOTO-FOTO KEGIATAN PENGABDIAN

Acara Pembukaan Pelatihan Pemanfaatan Mesin Pencacah Pakan Ternak (Choper), Tampak Ketua Tim
Dr. Yoto, S.T., M.Pd Sedang Menyampaikan Kata Sambutan

Peserta Pelatihan Antusias Menyimak Penjelasan dari Tim Pengabdian Kepada Masyarakat

Sambutan Kepala Desa Sambigede dalam Acara Pembukaan Pelatihan dan
Penyerahan Mesin Pencacah Pakan Ternak

 

Penandatangan Serah-Terima Mesin Pencacah Pakan Ternak (Choper)
Tampak dalam Gambar Kepala Desa Sambigede sedang Membubuhkan Tandatangan

 

Ketua Tim Pengabdian sedang Memberikan Penjelasan Tentang Penggunaan Choper Kepada Para Peserta Pelatihan Kelompok Tani “Loh-Jinawi”

Demonstrasi Penggunaan Choper oleh Tim Pengabdian Disaksikan oleh Peserta Pelatihan

id_ID