1. VISI KEILMUAN
    Visi ilmiah Program Studi Magister Teknik Mesin yang akan dicapai pada tahun 2030 adalah mewujudkan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik mesin (energi, material, manufaktur, dan konstruksi) untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, adaptif dan inovatif, mampu berdaya saing secara nasional dan internasional, serta mampu berkembang secara profesional.
  2. MISI KEILMUAN
    (1) Membangun keunggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui pendidikan dan pembelajaran yang inovatif, kritis, kolaboratif dan komunikatif dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi secara berkesinambungan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang energi, material, manufaktur, dan konstruksi.
    (2) Membangun keunggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penelitian yang bermutu, relevan, berdaya saing dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat dengan pendekatan multidisiplin di bidang energi, material, manufaktur dan konstruksi serta menyebarluaskan hasilnya melalui berbagai media publikasi baik nasional maupun internasional.
    (3) Membangun keunggulan dalam pengembangan karya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pengembangan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi di bidang energi, material, manufaktur dan konstruksi melalui program diseminasi dan pemberdayaan masyarakat.
    H. TUJUAN PROGRAM STUDI
    (1) Menghasilkan lulusan magister Teknik Mesin yang cerdas, mampu berdaya saing secara nasional dan internasional, serta mampu berkembang secara profesional.
    (2) Menghasilkan karya ilmiah yang kreatif dan inovatif dalam bidang Teknik Mesin dan penerapannya serta menyebarluaskannya secara nasional dan internasional.
    (3) Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berbasis penerapan ilmu Teknik Mesin dan menyebarluaskannya melalui diseminasi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
  3. PROFIL LULUSAN
    Profil lulusan Program Studi Magister Teknik Mesin FT UM adalah Magister Teknik Mesin yang menguasai keilmuan teknik mesin dalam bidang keahlian energi, material, manufaktur atau konstruksi yang kompeten, inovatif, kritis, kolaboratif dan komunikatif sehingga mampu berkontribusi dalam pemecahan masalah ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia melalui penelitian secara inter/multidisipliner.

Download Kurikulum Prodi S2 Teknik Mesin

id_ID