Pilih Laman

Malang, 19 September 2023 – Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik Universitas Malang (FT UM) dengan bangga menyelenggarakan Seminar Nasional 2023 yang bertemakan “Strategi Inovasi Manufaktur di Era Industri 4.0.” Acara ini berlangsung pada tanggal 16 September 2023 di Aula Gedung B11 Lantai 4 Fakultas Teknik UM.
Seminar Nasional ini memberikan kesempatan berharga bagi mahasiswa untuk memperluas pengetahuan mereka tentang evolusi industri manufaktur dan bagaimana inovasi strategis dapat mendukung pertumbuhan sektor ini.
Dengan latar belakang yang menggarisbawahi pentingnya pengembangan strategi inovasi yang tepat dalam memanfaatkan potensi Industri 4.0 secara optimal, Himpunan Mahasiswa Departemen Teknik Mesin dan Industri FT UM (HMD Teknik Mesin dan Industri FT UM) menggelar seminar nasional ini sebagai wadah bagi mahasiswa teknik di seluruh Indonesia untuk memperluas pemahaman mereka mengenai Industri Manufaktur 4.0.
Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber. Pertama, Prof. Moses L. Singgih dari Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS Surabaya. Beliau mengangkat topik pendekatan artificial intelligent (AI) dalam dunia manufaktur. Narasumber kedua berasal dari kalangan industry yang kali ini diwakili oleh Fariz el Shidiq, S.Psi. Beliau menceritakan aplikasi AI dalam proses produksi di perusahaannya. Pembicara ketiga berasal dari Kementrian Perdagangan, yang menekankan penggunaan market intelligent untuk mendukung produk ekspor Indonesia.
Seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada mahasiswa teknik di seluruh Indonesia tentang strategi inovasi dalam Industri Manufaktur di Era Industri 4.0. Seminar nasional ini akan menjadi platform pertukaran informasi antara mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia, menggalang kolaborasi dan berbagi ide dalam industri manufaktur 4.0.Selainitu, acara ini diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih bersemangat dalam berinovasi dalam industri manufaktur, membuka peluang karier yang lebih baik dalam sektor ini.
Dengan danya kegiatan ini, peserta akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep dan strategi terkini dalam industri manufaktur 4.0 serta praktik terbaik dalam bidang ini. Mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk berkolaborasi, berbagi pengalaman, dan berdiskusi dengan rekan-rekan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Dari acara ini, diharapkan dapat memotivasi mahasiswa untuk lebih aktif dalam berinovasi dalam industri manufaktur. Mahasiswa juga akan lebih siap menghadapi tantangan masa depan dalam dunia kerja yang terus berubah dengan pemahaman yang lebih baik tentang Industri 4.0 dan strategi inovasi yang relevan.
Kegiatan ini selaras dengan SDGs 4 dan 17 yaitu Pendidikan berkualitas dan kemitraan untuk mencapaiĀ tujuan.

id_ID